Senin, 30 Mei 2011

Mudah Lupa Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu  Anda ketahui tentang penyakit Alzheimer:
  • Penderita stroke, faktor resiko tekanan darah tinggi, diabetes, peningkatan kadar kolesterol dan merokok mempunyai kolerasi kuat mengalami Demensia Vaskular
  • Pasien Demensia Vaskular diderita oleh 30-35% pasien pasca stroke setelah serangan pertama
  • Pasien Demensia Vaskular adalah sepertiga pasien demensia di dunia
  • Demensia Vaskular menurunkan 50% tingkat harapan hidup
  • Mudah lupa mungkin merupakan gejala awal Alzheimer
  • Sekitar 40-50% pasien dengan gangguan mudah lupa menjadi penyandang Alzheimer dalam waktu 3 tahun
  • Faktor resiko Alzheimer termasuk pasien dengan latar belakang TIA, post stroke, diabetes, penyakit jantung koroner, trauma kepala.
Kenali 10 gejala umum kepikunan penyakit Alzheimer:
  1. Gangguan daya ingat. Lupa janji, lupa nama orang, teman dan anggota keluarga, tidak dapat mengingat kejadian-kejadian atau pembicaraan.
  2. Kesulitan dalam melakukan pekerjaan sederhana sehari-hari.
  3. Kesulitan berkomunikasi. Gangguan keterlibatan dalam pembicaraan, pengertian, kemampuan mencari kata yang tepat.
  4. Disorientasi. Gangguan mengenal waktu (tanggal, tahun, hari-hari penting), gangguan mengenal tempat, gangguan kemampuan mengenali lingkungannya.
  5. Penampilan memburuk. Tidak memperhatikan kebersihan diri atau salah berpakaian (memakai baju terbalik, baju dipakai jadi celana atau sebaliknya :))
  6. Kesulitan dalam melakukan perhitungan sederhana. Selama masih bisa menghitung uang kembalian belanja di minimart berarti masih aman J
  7. Salah atau lupa meletakkan barang lalu curiga seseorang telah mencurinya.
  8. Perubahan perasaan atau perilaku. Keluar rumah malam hari, menjadi agresif.
  9. Perubahan kepribadian. Perubahan emosi secara drastis, tidak sabar, cemas, mudah putus asa dan menyalahkan orang lain.
10.  Hilangnya minat dan inisiatif. Berkurangnya aktivitas kesenangan pribadi atau hobi yang biasa dinikmatinya.

Sumber: (lupa) :)

3 komentar:

  1. saya sering sekali lupa,da umur saya masih di bwah 20 tahun,saya mudah lupa sejak umur 15 tahun sekarang umur saya sudah 18,dan saya bisa saja lupa dlam seketika sewaktu saya meletakan sesuatu dan untuk mengingatnya kembali sangat sulit,apkah ini termasuk gejala al zhaimer ??
    mohon balasannya,

    BalasHapus
  2. maf, bila anda ingin membalas komentar saya tentang pertanyaan tadi,, balas ke account saya yang ini saja yaa,, terimaksih

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas komentarnya. Sepanjang pengetahuan saya umumnya gejala penyakit ini diderita untuk usia dewasa atau orang yg sudah "berumur" walaupun bukan tidak mungkin diderita oleh orang usia muda. Info yg saya dapat jika hal ini terjadi di usia muda adalah karena faktor traumatik, tapi saya akan cari info lebih lanjut.

    BalasHapus

Silakan daftar terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Perencanaan Keuangan Anak Usia 23-30 Tahun

Mereka yang berusia 23-30 tahun berada dalam kelompok usia yang penuh gejolak dan emosi. Gejolak dan emosi ini akan lebih berkurang bila pa...