Senin, 30 Mei 2011

Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

Di era modern ini sebenarnya banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Banyaknya peralatan listrik membuat orang semakin malas melakukan kegiatan fisik. "Semua serba otomatis jadi untuk apalagi kita kerjakan sendiri?"
Inilah penyebab mengapa orang sekarang lebih rentan terhadap penyakit seperti hipertensi yang akhirnya dapat menyebabkan stroke dan gagal jantung. Tekanan darah tinggi atau hipertensi disini menjadi  "silent killer" karena mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa pembunuh itu mungkin sudah bersarang tubuhnya.
Jika Anda memiliki hipertensi sebenarnya ada cara lain untuk mengurangi tekanan darah tanpa obat-obatan, yaitu dengan lebih sering melakukan aktivitas atau latihan fisik. Selain itu tentu Anda tetap harus berdiet seperti mengurangi makanan asin, merokok atau minuman beralkohol.
Latihan fisik yang rutin akan membuat suplai darah yang lebih sehat ke dalam jantung karena mengandung lebih banyak oksigen dan nutrisi. Hal ini akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).
Jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan aerobik atau senam yang berirama. Latihan ini akan melatih pernapasan dan detak jantung.
Latihan lain yang bisa dikerjakan di rumah adalah contohnya memotong rumput halaman dengan gunting rumput (coba sekali-sekali kerjakan sendiri, suruh tukang kebun merokok dulu :)). Atau latihan seperti naik turun tangga. Sedangkan latihan di luar rumah adalah contohnya jalan kaki, berenang, bersepeda dan lainnya. Jadi Anda tidak perlu mengerjakan latihan berat yang membosankan. Usahakan pilih latihan yang menyenangkan.
Latihan alternatif untuk menurunkan tekanan darah yaitu dengan menghilangkan ketegangan dan latihan pernapasan. Ini juga bisa dikatakan salah satu penyebab hipertensi. Dengan bernapas lambat dan dalam maka jantung tidak perlu memompa darah lebih banyak. Oleh karena itu Anda harus berlatih pernapasan yang benar yaitu dengan pernapasan perut. Dengan pernapasan ini ketika  menarik dan membuang napas hanya perut yang mengembang dan mengempis, bukan dada. Dada tetap diam.
Tips di atas bisa Anda terapkan tanpa atau dengan obat-obatan, namun lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menentukan program latihan. Terutama jika tekanan darah Anda cukup tinggi.

http://www.loweringbloodpressurewithoutmedication.info
http://EzineArticles.com/?expert=Elsa_Lee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan daftar terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Perencanaan Keuangan Anak Usia 23-30 Tahun

Mereka yang berusia 23-30 tahun berada dalam kelompok usia yang penuh gejolak dan emosi. Gejolak dan emosi ini akan lebih berkurang bila pa...